Anda Karyawan Kantor? Coba Bisnis Sampingan Ini

Bekerja dari Senin hingga Jumat, 8 jam sehari tentu melelahkan. Setelah sekian hari waktu Anda habiskan di kantor dan berkutat dengan deadline, maka weekend adalah waktu yang cocok untuk mengistirahatkan badan dan pikiran bersama keluarga. Namun bagaimana dengan Anda yang menjadi karyawan namun tetap ingin  menjalankan pekerjaan sampingan online serta memiliki banyak waktu luang yang sebenarnya dapat Anda manfaatkan untuk menambah penghasilan Anda.

Bisnis Sampingan Untuk Anda Para Pekerja Kantoran

Sudah banyak kita mendengar kisah sukses para karyawan yang sambil menjalankan pekerjaan sampingan online dan mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis tersebut. Jika Anda termasuk ke dalam salah satu karyawan yang memiliki banyak waktu luang dan berniat untuk memanfaatkan waktu Anda untuk membuka bisnis online, berikut ada beberapa pilihan bisnis yang dapat Anda jalankan sambil tetap dapat menyelesaikan deadline dari atasan Anda di kantor.

  1. Bisnis Dropship

Karena raga Anda yang harus selalu mengharuskan Anda berada di kantor setiap hari, maka ini saatnya bisnis dropship menjadi pilihan Anda. Anda tidak perlu lagi pergi ke tempat Anda mengambil stok barang. Cukup menjadi perantara saja. Tugas Anda hanya cukup mempromosikan barang melalui akun-akun media sosial Anda, blog pribadi, forum, atau Anda dapat membuka toko Online di beberapa  marketplace yang Anda percaya. Setelah ada kontak dari konsumen yang berniat membeli produk yang Anda tawarkan, cukup beritahu supplier untuk mengirim produk tersebut ke konsumen. Keuntungan Anda akan dihitung dari selisih harga jual supplier ke Anda dan harga beli konsumen. Semakin banyak produk yang dapat Anda tawarkan, semakin banyak peluang konsumen yang berminat membeli produk Anda.

  1. Makelar Properti

Bagi negara berkembang seperti Indonesia, bisnis properti sudah pasti akan terus mengalami kenaikan pertumbuhan. Selain itu, bisnis properti merupakan bidang investasi yang sangat menjanjikan karena nilai aset dari sebuah bangunan akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jika Anda tertarik, Anda dapat mulai menjalankan bisnis sampingan ini. Tanpa modal, cukup butuh keahlian komunikasi dan koneksi yang luas. Saatnya lebih peka dengan lingkungan sekitar, lihat di sekitar Anda apakah sedang ada pembangunan perumahan. Kenali pemilik developernya, lalu coba tawarkan diri Anda apakah bisa bergabung agar dapat menjadi makelar propertinya. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan media sosial Anda atau membuat brosur untuk membantu mempromosikan.

  1. Bisnis Preloved

Menjadi seorang pengusaha tentu membutuhkan usaha dari bawah. Jika Anda berminat berbisnis namun waktu Anda masih terbagi dengan deadline laporan di kantor, maka Anda dapat memulainya dengan bisnis preloved. Preloved apa saja, pakaian, sweater, sepatu, apa saja. Mulai dari barang-barang Anda yang sudah tidak pernah digunakan lagi namun masih memiliki kualitas oke. Cuci bersih barang-barang tersebut, beri pewangi, dan manfaatkan sosial media Anda untuk memasarkan produk Anda.

  1. Jasa Laundry

Sejak dahulu, bisnis laundry sudah banyak dipilih karena fleksibel. Tidak mengharuskan keberadaan Anda 24 jam. Dengan modal mulai dari 7 jutaan, Anda sudah dapat membayar biaya sewa dan karyawan setiap bulannya. Selain biaya operasional dan modal, lokasi juga harus diperhatikan. Lihat apakah lingkungan sekitar Anda adalah lingkungan yang banyak di tempati para ibu karir, mahasiswa, atau instansi seperti sekolah atau penginapan. Agar mudah dalam proses promosi, Anda dapat memanfaatkan media sosial Anda dalam menyampaikan promosi pada para konsumen.

  1. Beternak Ayam

Kalau kita perhatikan, rasanya semakin banyak saja restoran dengan menu ayam, mulai dari ayam goreng, ayam laos, opor ayam dan hingga saat ini yang sedang ngetop yakni ayam geprek. Hal tersebut sudah pasti semakin membutuhkan bisnis ternak ayam yang banyak. Anda dapat menjalankan  bisnis ini dengan 3 metode. Yang pertama, adalah metode umbaran. Metode ini paling membutuhkan modal kecil, karena tidak membutuhkan kandang yang besar dan membiarkan ayam mencari makannya sendiri. Namun kekurangan metode ini yakni resiko rawan ayam yang hilang karena tidak memiliki kandang yang tetap. Metode kedua yakni metode semi intensif. Metode ini tetap membutuhkan modal untuk kandang namun tidak begitu besar. Karena pada metode ini ayam Anda hanya perlu di tempatkan di satu wilayah dan diberi batas pagar mengelilingi wilayah peternakan dan membiarkan ayam berkeliaran di sekitar area tersebut saja. Yang ketiga yakni metode intensif. Metode ini membutuhkan modal yang sedikit besar untuk membuat kandang dan biaya pakan ayam. Kandang yang dibuat lebih modern dan rapi agar lebih mudah dalam pemberian makan ayam dan mengontrol peternakan.

Itulah beberapa pekerjaan sampingan online yang dapat Anda coba sambil tetap melakukan pekerjaan Anda di kantor. Jangan jadikan pekerjaan sehari-hari Anda membatasi ruang gerak Anda untuk lebih maju dan mengembangkan diri. Apalagi dalam menambah penghasilan sehari-hari Anda. Selamat mencoba.

Share Button