Bisnis Rumahan Menarik Bagi Para Ibu Rumah Tangga

Anda ibu rumah tangga? Ingin menambah penghasilan sehari-hari? Tapi masih bingung bisnis apa saja yang cocok untuk ibu rumah tangga? Berikut adalah beberapa ide bisnis kecil-kecilan yang menghasilkan yang bisa ibu coba di rumah.

Bisnis Kecil-Kecilan Untuk Para Ibu Rumah Tangga

Beberapa list berikut ini adalah inspirasi yang mungkin dapat Anda lakukan sebagai ibu rumah tangga untuk membangun bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan lhoh. Yuk langsung saja kita ulas.

  1. Make Up Artist (MUA)

Wanita adalah kodratnya untuk berdandan dan tampil cantik. Itulah mengapa ada salah satu kelebihan yang dapat dilakukan para wanita dan tidak dapat dilakukan pria, yakni kemampuan ber make up. Apabila Anda adalah salah satu ibu yang memiliki bakat dan hobi dalam kecantikan, serta memiliki perlengkapan make up yang memadai, maka Anda dapat mulai mencoba bisnis make up artist. Anda dapat melatih berdandan pada diri Anda sendiri. Terlebih lagi saat ini ada banyak beauty vlogger yang mengajarkan tutorial make up gratis via YouTube. Tunggu apalagi? Inilah saatnya ibu mengembangkan dan menyempurnakan skill dan hobi.

  1. Bisnis Catering

Menjadi ibu biasanya pandai bermasak. Bahkan selalu ada tagline yang menyebutkan kalau masakan ibu adalah masakan paling lezat di dunia. Hal tersebut tentu saja semakin menambah keyakinan bahwa masakan ibu mendapat jaminan enak dari siapa saja. Terlebih lagi, seorang ibu memiliki bumbu rahasia yang tidak dimiliki oleh chef profesional mana pun, yakni “memasak dengan hati”. Bisnis katering dipilih karena bisnis ini hampir tidak pernah sepi. Mulai dari acara pengajian, arisan kecil-kecilan, hingga katering untuk acara pesta besar seperti pesta ulang tahun dan pernikahan. Selalu saja bisnis ini akan tetap ada sampai kapan pun.

  1. Bisnis Tempat Les

Jika ibu memiliki kemampuan akademik tertentu dan senang mengajar, maka ibu dapat membuka tempat les bagi anak-anak di sekitar rumah. Seorang ibu biasanya memiliki jiwa kesabaran yang lebih tinggi dibanding wanita yang belum menjadi ibu, lebih dapat mengerti anak-anak, lebih dapat berkomunikasi dengan anak-anak. menciptakan suasana belajar yang menyenangkan adalah kunci belajar yang sukses. Dengan menyediakan satu ruangan untuk mengajar, disertai meja duduk dan papan tulis, ibu sudah mulai bisa menjalankan pekerjaan mulia ini. Ketika bisnis semakin berkembang, ibu bisa merekrut beberapa tenaga pengajar yang kompeten dan profesional agar proses mengajar dapat lebih berkualitas.

  1. Bisnis Menjahit

Apabila ibu adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan menjahit dengan baik, maka ibu bisa memikirkan ide untuk membuka bisnis jahit pakaian di rumah. Dengan modal mesin jahit, ibu dapat membuat sebuah pakaian yang diinginkan klien. Terlebih lagi jika Anda memiliki kemampuan lebih seperti kemampuan menjahit kebaya dan dress dalam berbagai macam model hingga kemampuan membordir suatu pola. Hal tersebut tentu akan menjadi nilai jual tambah bagi Anda. dibutuhkan ketelitian, kerapian, serta pelayanan yang tepat waktu dalam menyelesaikan orderan.

  1. Bisnis Toko Kelontong

Jika Anda adalah ibu rumah tangga dan senang bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, maka Anda dapat mencoba bisnis toko kelontong ini. Sejak dahulu, bisnis toko kelontong selalu dijadikan pilihan para ibu rumah tangga karena dapat dijalankan disela-sela ibu mengurus rumah tangga. Walau termasuk bisnis kecil-kecilan, namun usaha toko kelontong dapat menjadi salah satu bisnis kecil-kecilan yang menghasilkan keuntungan yang lumayan. Nah, tunggu apalagi, silakan mulai sisihkan uang bulanan ibu untuk membuka usaha toko kelontong dari sekarang.

  1. Bisnis Pakaian Online

Saat ini membuka bisnis online sangat mudah, cukup lihat peluang bisnis, lalu Anda dapat membuat satu akun sosial media untuk mempromosikan dagangan Anda. jika masih membutuhkan modal yang besar, Anda dapat memulainya dengan menjadi dropshipper produk yang ingin Anda tawarkan. Tentukan sasarannya, lihat kebutuhan mereka, lalu tawarkan produk yang ingin Anda jual. Setelah itu, hubungi suplier Anda dan sisanya serahkan pada supplier untuk dikelola. Keuntungan yang dihitung yakni selisih harga jual suplier pada Anda dengan harga jual Anda pada konsumen. Semakin banyak produk yang ditawarkan, akan semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan.

  1. Usaha Fotokopi dan Alat Tulis

Anda dapat memulai bisnis kecil-kecilan seperti bisnis fotokopi dan alat tulis dengan modal mulai dari Rp 5 Juta. Tidak perlu membeli mesin fotokopi yang sangat mahal, Anda dapat memulainya dengan memanfaatkan jasa sewa mesin fotokopi. Modal yang Anda butuhkan selain mesin fotokopi yakni modal untuk membeli peralatan produk alat tulis saja. Tentukan tempat yang strategis seperti dekat dengan wilayah perkantoran, sekolah, dan kampus.

Itulah beberapa ide bisnis kecil-kecilan yang menghasilkan bagi ibu rumah tangga. Pada dasarnya semua bisnis adalah dimulai dari bawah, dari skala kecil, namun tetap dibutuhkan konsistensi dan kerja keras agar bisnis yang semula kecil dapat menjadi besar dan mendatangkan banyak keuntungan. Dan yang terpenting, niat dan minat. Silakan mencoba.

Share Button